gunung muria

Gunung Muria menawarkan wisata lengkap untuk keluarga. Pasalnya, saat kamu berada disini, kamu nggak hanya dapat menikmati indahnya puncak gunung, namun juga berziarah disalah satu penyebar agama islam. Yups, Raden Umar Said atau Sunan Muria, walisongo yang menyebarkan agama islam di Nusantara. Selain berziarah, Gunung muria juga terkenal dengan 7 puncaknya yang cocok untuk pendaki pemula.

Pesona Gunung Muria

Disini kamu bisa menikmati keindahan alamnya sekaligus berziarah. Kamu juga akan menemukan beragam wisata disekitarnya seperti wisata desa plajan. puncak 29 hingga berziarah di makam Sunan Muria.

Pendakian Gunung Muria

pendakian gunung muria
pendakian gunung muria

Gunung Muria mempunyai pesonanya sendiri, yang paling terkenaal adalah gunung ini mempunyai tujuh puncak. Yups, gak cuman satu atau dua namun tujuh. Puncak ini memiliki ketinggian bervariasi dan cocok buat pemula karena relatif rendah jika dibanding gunung lainnya.

Lokasi Gunung Muria

Gunung Muria terletak di perbatasan Jepara, Pati dan Kudus, Jawa Tengah. Gunung Muria adalah destinasi alam yang menarik dengan ketinggian mencapai 1.602 meter di atas permukaan laut. Keindahan alamnya mengundang para pendaki dan pecinta alam untuk menikmati pesona puncaknya serta keanekaragaman alam di sekitarnya.

Tujuh Puncak Gunung Muria

puncak gunung muria
puncak gunung muria foto by IG sulistiyoraden14

Di Puncak Gunung Muria, panorama yang terhampar menjadi pemandangan paling menakjubkan dan merupakan lokasi terbaik untuk berlibur. Berikut adalah beberapa nama puncak yang ada di Gunung Muria:

1) Natas Angin, yang merupakan puncak tertinggi, dan pendakiannya dikenal sebagai jalur naga.

2) Puncak Songolikur, terletak pada ketinggian 1.603 meter di atas permukaan laut dan sering disebut sebagai Puncak 29.

3) Puncak Argopiloso, berada pada ketinggian 1.581 meter di atas permukaan laut.

4) Puncak Abiyoso, merupakan titik puncak Gunung Muria yang terendah, dan di sana terdapat petilasan dari Eyang Abiyoso.

5) Puncak Argo Jembangan, merupakan puncak yang tidak terlalu luas, hanya sekitar 150 meter persegi. Puncak Gunung Muria ini juga dikenal sebagai Puncak Punuk Sapi.

6) Puncak Candi Angin seringkali menjadi tujuan wisata religi dan tempat beribadah bagi umat Hindu. Lokasi Candi Angin dipercaya sebagai tempat bersejarah dalam praktik keagamaan umat Hindu.

7) Puncak Termulus, terletak di Pangonan, Gunungsari, Tlogowungu, Pati, dikenal karena keindahannya yang menyerupai surga dan belum tersentuh oleh manusia.

Dari semua puncak yang ada, Puncak Songolikur merupakan salah satu puncak paling terkenal di Gunung Muria. Di sini, wisatawan dapat menikmati panorama yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Keindahan alam yang memukau dari ketinggian puncak ini membuat pendakian menuju ke sana menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang.

Jalur Pendakian

Terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih untuk mencapai puncak Gunung Muria. Jalur utama biasanya dimulai dari Desa Gondosuli atau Desa Kembangkuning. Rute pendakian ini menawarkan pengalaman tersendiri dengan pemandangan yang memikat serta tantangan medan yang beragam, mulai dari hutan lebat hingga perbukitan yang curam.

Selain itu, terdapat juga jalur pendakian lain yang lebih pendek namun tetap menantang, seperti melalui Desa Karangnongko. Setiap jalur memiliki keunikan dan keindahan alam yang berbeda, memberikan pengalaman berbeda pula bagi para pendaki.

Wisata Religi Gunung Muria

ziarah sunan muria
ziarah ke sunan muria foto IG oktavia_ecca

Selain terkenal dengan pesona alamnya, Gunung Muria juga mempunyai situs religi yang sangat terkenal. Disini dipercaya sebagai makam salah satu walisongo yang berjasa dalam menyebarkan agama islam di tanah jawa. Yuk simak penjelasan selengkapnya.

Biografi Sunan Muria

Sunan Muria, juga dikenal sebagai Raden Umar Said, merupakan tokoh penyebar agama Islam di Indonesia pada abad ke-15. Ia adalah putra dari Sunan Kalijaga, salah satu dari sembilan wali yang memainkan peran penting dalam penyebaran agama Islam di Nusantara. Keluarganya terkenal dalam menyebarkan ajaran Islam dengan pendekatan yang lembut dan penuh kasih.

Perjalanan Spiritual

Sunan Muria menjalani perjalanan spiritual yang mengarahkannya pada pemahaman mendalam tentang ajaran Islam. Ia dikenal akan kearifan spiritualnya serta pemahaman yang dalam tentang nilai-nilai agama. Perjalanan hidupnya banyak terkait dengan perjuangan dalam menyebarkan ajaran Islam secara damai dan penuh kasih.

Pemukiman di Gunung Muria

Sunan Muria dikatakan memilih Gunung Muria sebagai tempat tinggalnya, di mana ia mendirikan pemukiman kecil di puncak gunung tersebut. Di sana, ia menjalankan kehidupan yang sederhana sambil terus menyebarkan ajaran agama Islam kepada masyarakat sekitar. Pilihan untuk tinggal di ketinggian gunung diyakininya membawa kedekatan spiritual dan memudahkan untuk berkontemplasi.

Metode Dakwah

Pendekatan Sunan Muria dalam berdakwah cenderung lembut dan penuh kesabaran. Ia menggunakan pendekatan yang berfokus pada kebijaksanaan lokal, menggabungkan nilai-nilai agama dengan kearifan lokal, memahami budaya serta kebiasaan masyarakat setempat, dan menyebarkan ajaran agama secara terencana dan kontekstual.

Warisan dan Pengaruh

Sunan Muria meninggalkan warisan yang mendalam dalam sejarah keagamaan Indonesia. Pengaruhnya terhadap penyebaran ajaran Islam di Jawa Tengah sangat besar, dan pemukiman di Gunung Muria yang diyakininya sebagai tempat tinggalnya menjadi simbol penting dari warisan keagamaan dan kearifan lokal.

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *