foto sumber umbulan malang

Sumber Umbulan Malang kerapkali dijadikan rujukan wisata bagi para mahasiswa. Pasalnya letak yang dekat dengan pusat kota dan tiket masuk gratis menjadi alasan utama. Pemandangan di Sumber Umbulan ini sangat indah. Kamu dapat melihat sumber mata air yang jernih dan pemandangan yang hijau. Selain itu kamu juga dapat melihat ikan-ikan kecil dan hijaunya pesawahan yang akan menemani anda menuju Sumber Umbulan di Malang ini.

Sumber umbulan juga dapat kamu jadikan pilihan wisata saat bersama keluarga, kamu dapat menggelar tikar didekat sumber. Sembari makan-makan kecil bersama keluarga, Sumber yang dekat dengan candi singosari ini cocok kamu kunjungi bersama keluarga. Kamu dapat juga menjelajahi indahnya Wisata Kota Batu yang tak jauh juga dari sini.

Pesona Sumber Umbulan Malang

foto sumber umbulan mallang

Saat berkunjung di Sumber Umbulan. Perjalananmu akan ditemani dengan pemukiman warga. Meskipun begitu, Sumber Umbulan merupakan tempat yang asri dan sejuk. Warga disana akan dengan ramah menyambut wisatawan. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya jika kamu tersesat ya.

Memasuki tempat wisata, kamu akan disungguhkan dengan pemandangan hijau persawahan yang asri. Deraian air mengalir akan menemanimu menyusuri sawah asri. Bak berbisik selamat datang, udara sejuk khas Kota Malang akan menyambutmu saat kamu menginjakkan kaki di tempat wisata ini.

Tak perlu banyak langkah, aliran air semakin tercurah. Menandakan surga gratisan ini segera kamu eksplorasi. Rindangnya pepohonan yang menenangkan hati, dan terdapat gazebo untuk mengistirahatkan diri, cocok buat kamu yang saat ini capek dengan hiruk pikuk dunia ini.

Sumber Umbulan, mungkin terdengar asing ditelinga. Namun pesonanya tak ada duanya. Air dingin dan ikan-ikan kecil, akan menemanimu bermain disepanjang hari. Kamu dapat berenang puas di sumber dengan kedalaman sekitar satu meter ini.

Namun kalau hati tak ingin membasahi diri, Kamu dapat duduk dibawah pohon yang rindang sambil memandang akan keindahan ciptaan tuhan. Terdapat gazebo untuk menyandarkan kelelahan sejenak, dan warung makan dengan menu yang enak.

Canda tawa ringan pengunjung, dan merdunya kicauan burung, sayup-sayup terdengar menemani kehadiran dirimu. Tak lekang oleh waktu, Sumber Umbulan akan menjadi saksi bisu betapa indahnya, Tuhan, akan ciptaanMu.

Harga Tiket Masuk Sumber Umbulan Malang

Saat berkunjung disini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 2.000 rupiah saja, uang tersebut untuk membayar retribusi parkir. Untuk harga tiket masuk menuju tempat wisata sumber umbulan malang, gratis. tidak diwajibkan membayar. Saya ulangi lagi, Tiket masuk Sumber Umbulan Malang Gratis. Namun kamu dapat berdonasi lewat kotak yang disediakan dengan sukarela. Uang tersebut gunanya untuk menjaga kelestarian sumber umbulan ini.

Namun, jika kamu ingin berenang di kolam renang yang ada disini, kamu dikenakan biaya Rp. 8.000 rupiah. Disini kamu dapat bermain menghabiskan waktu bermain di kolam renang seru bersama anak atau sumber dengan air yang dingin dan ikan kecil. Kamu dapat memilih dimana kamu berenang, Menyenangkan bukan?

Menu makanan yang ditawarkan warung dekat wisata ini juga murah meriah, kamu dapat membeli nasi dan lauk yang bervariatif sekitar 10 ribuan saja. atau kamu dapat membawa makanan dari luar, karena tidak ada larangan dari pengelola.

Akses Menuju Tempat Wisata

Sumber Umbulan dapat diakses dengan mudah, letaknya yang dekat dengan pemukiman dapat membuatmu mudah mencari dimana sumber ini berada. Jika dari pusat kota, kamu akan menempuh jarak sekitar 6 kilometer saja. dengan estimasi waktu sekitar 20 menitan. Kamu juga bisa eksplorasai wisata sekitarnya seperti, Araya Arcade Garden yang keindahannya seperti di Negara Swiss

Untuk mencapai Sumber air ini, dari tempat parkir kendaraan letaknya tak jauh. Kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 200 meter, selama perjalanan kamu akan ditemani dengan hijaunya pemandangan sawah.

Sedikit turunan dan tanjakan akan kamu tempuh saat disini, meskipun begitu, kamu tetap dapat menempuhnya dengan sepeda motor metic kesayanganmu. Tetap berhati-hati saat berkendara, dan jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan mesin kendaraan kesayanganmu.

Fasilitas Sumber Umbulan Malang

Fasilitas di Sumber Umbulan cukup komplit, kamu dapat kesini dengan rasa aman dan nyaman. Berikut fasilitasnya :

  • Musholla

Disini kamu dapat menemukan mushola yang terletak disebelah barat gazebo. Musholla yang terbuat dari bambu ini muat menampung jamaah sebanyak dua orang. jadi kamu harus gantian jika datang beramai-ramai. Selain itu disini juga sudah tersedia peralatan sholat, seperti sajadah, mukena, peci hingga sarung. Meskipun terbuat dari bambu. Musholla ini tetap nyaman digunakan beribadah.

  • Kamar ganti atau toilet

Saat berkunjung di sumber umbulan, kamu dapat berganti baju diruang ganti ini, Ruangan yang terbuat dari bambu dan terpal tersebut berada sebelah selatan dari musholla. Jika kamu masuk dari pintu selatan, kamu akan menemukan toilet ini dekat dengan pintu masuk. Namun disayangkan, disini tidak ada WC untuk BAB atau keran air. Jadi kamu harus membawa botol berisi air bersih saat ingin buang air kecil saat ingin cebok. Jika kamu kebelet BAB kamu dapat mencari kamar mandi umum disekitar tempat wisata meskipun agak jauh.

  • Gazebo

Terdapat dua gazebo di Sumber Umbulan, gazebo tersebut berada di sebelah barat toilet. Jika kamu masuk dari jalur selatan, kamu akan menemukan gazebo ini sekitar 8 meter dari toilet. Gazebo di Sumber Umbulan lumayan luas, dapat menampung 10-15 orang. Gazebo ini tepat mengarah ke sumber, jadi kamu dapat bersantai sambil melihat pemandangan indah

  • Warung Makan

Warung Makan di Sumber Umbulan menawarkan makanan yang bervariatif, seperti Mie instan. Nasi goreng dan lain-lain. Selain makanan, terdapat juga minuman yang dapat menemanimu melihat keindahan sumber. seperti kopi atau es teh. disini cukup murah hanya dengan 5 ribu rupiah saja. atau kamu biasa membeli gorengan hanya seribuan, kamu dapat mengagumi keindahan ciptaan tuhan dengan nyemil dibawah pohon rindang. harga yang ditawarkan disni cukup terjangkau. Jadi wisata ini cocok untuk dikunjungi mahasiswa pas akhir bulan. Tunggu apa lagi? ayo saatnya eksplorasi!

Tips Berwisata Aman dan Nyaman

Saat berwisata, seperti wisata air di sumber umbulan ini. kamu perlu beberapa tips agar wisatamu tetap nyaman. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat membuatmu semakin betah saat berwisata disini.

  • Pastikan cuaca cerah

Sebelum berwisata, alangkah baiknya untuk mengecek cuaca terlebih dahulu. Ini untuk mengurangi hal yang tidak diinginkan saat berwisata. Jangan memaksa jika cuaca tidak memungkinkan. Kamu bisa mengunjungi tempat ini lain waktu.

  • hindari berkunjung saat musim hujan

Berwisata di Alam, seperti Sumber Umbulan ini memang bergantung pada musim. Selain khawatir turun hujan ditengah perjalanan, debit air saat hujan juga sangat deras. Kamu harus extra berhati-hati saat berkunjung musim hujan. Selain itu akses jalan juga akan licin atau becek. Kamu dapat mempertimbangkannya sebelum berwisata.

  • selalu bawa baju ganti

Berwisata air akan lebih nyaman jika membawa baju ganti, beberapa wisata mungkin menyewakan baju ganti. Namun di Sumber Umbulan sepertinya belum ada. Jadi kamu wajib bawa baju ganti agar kamu tetap bisa seru seruan dan tidak kedinginan di Tempat wisata ini.

  • Bersikap Sopan

Tetaplah bersikap sopan saat berwisata, jangan membuat orang lain tidak nyaman dengan kehadiranmu. Bukankah akan lebih seru jika seru-seruan bareng tanpa merugikan orang lain?

  • Gak boleh nyampah!

Saat berwisata alam, wajib banget buat jaga kelestariannya. Kamu gak boleh nyampah saat ke Sumber Umbulan. Disini kamu dapat menemukan tempat sampah banyak kok, jadi gak perlu buang sampah sembarangan, apalagi di aliran airnya. yuk buang sampah pada tempatnya. biar kelestarian alam disini dapat dinikmati hingga anak cucu kita.

Categories:

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *