tempat wisata jepara terbaru

memang sih jepara gaada habisnya buat dijelajahi! Kamu yang bingung mulai wisata jepara karena saking banyaknya? nihh aku kasih list wisata jepara lengkap. mulai dari pantai, museum, gunung, hingga air terjun. Kamu bisa kunjungi wisata ini tanpa bosan. nihh tempat wisata jepara terbaru yang wajib kamu kunjungi.

Wisata Jepara Terbaru 2023

Ada banyak wisata di Jepara‘ mulai dari yang paling favorit hingga hidden gems yang belum banyak diketahui loh. Jepara cocok buat kamu yang suka berpetualang di alam ataupun wisata sambil belajar sejarah. Karena selain diberikan karunia tuhan dengan alamnya, jepara ternyata punya sejarah panjang yang menarik untuk disimak. ini dia wisata jepara terbaru yang wajib kamu kunjungi.

Pantai di Jepara

Buat kamu yang ingi wisata pantai di jepara, kebetulan banget nih aku punya rekomendasi wisata pantai jepara yang wajib kamu kunjungi. Disini kamu akan ditemani pasir putih yang indah dan ombak pantai yang tenang. Namun kamu tetap perlu berhati-hati saat berwisata di pantai.

Pantai Bandengan

pantai bandengan jepara
kompas.com

Nah yang petama ada Pantai Bandengan, Jepara. Pantai ini terletak di desa bandengan, pantai ini sangat indah apalagi saat kamu berkunjung sore hari. disini kamu bisa menikmati sunset sembari bersantai di warung kopi.

Pantai Bandengan adalah salah satu destinasi wisata Jepara terfavorit. Pasir putih yang lembut, air biru jernih, dan harga tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp. 5.000, pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai, berenang, atau bermain pasir bersama keluarga ataupun pasangan.

Selain itu, kamu juga jangan lewatkan perahu nelayan tradisional yang siap mengantarmu ke Pulau Panjang yang berdekatan. Biaya perjalanan ke pulau panjang bervariatif, biasanya sekitar Rp. 50.000 sekali perjalanan. Namun jika kamu punya teman orang jepara, bisa deh minta gratis….

Kamu perlu perhatikan cuaca saat berwisata di pantai jepara. meskipun ombaknya tenang, namun tidak menutup kemungkinan adanya ombak besar. Jadi kamu perlu selalu cek cuaca sebelum berwisata.

Pulau Panjang

pulau panjang jepara
bramakha.com

Pulau Panjang adalah pulau terbesar di Kepulauan Karimunjawa dan menjadi destinasi wisata Jepara terbaru yang populer. Dengan harga tiket masuk hanya Rp. 5.000, kamu dapat menikmati pantai pasir putih, hutan bakau yang hijau, dan berbagai aktivitas seperti bersepeda, trekking, atau bermain-main dengan burung-burung yang ramah di pulau ini.

Kamu dapat sekalian berwisata di pantai bandengan yang jaraknya tak jauh dari pulau panjang ini. nama pulau panjang diambil dari bentuknya yang memanjang dari ujung utara ke selatan. Selain tiket masuk, kamu juga perlu memperhatikan biaya penyebrangan karena pulau ini hanya dapat kamu akses dengan perahu. biaya penyebrangan berkisar 25.000 sekali jalan.

Kepulauan Karimunjawa

karimunjawa foto
merdeka.com

Kepulauan Karimunjawa adalah surga tersembunyi di utara Jepara. Terdiri dari 27 pulau kecil yang tersebar di Laut Jawa, kepulauan ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang memukau dan pantai pasir putih yang eksotis. Harga tiket masuk sekitar Rp. 50.000, dan kamu dapat mengeksplorasi keindahan bawah laut melalui snorkeling atau menyelam.

Kamu juga harus mengeluarkan biaya transportasi. tempat ini dapat kamu jangkau dengan kapal ferry dari Pelabuhan Jepara. Tarif penyebrangan bervariatif sekitar 200.000 sekali jalan. Untuk informasi selengkapnya kamu dapat berkunjung di situs visitkarimun.com

Pulau Kemujan

pulau kemujan foto
kemujan island photo by IG luciasetyo

Pulau Kemujan merupakan salah satu pulau indah yang terletak di Kepulauan Karimunjawa. Harga tiket masuk disini sudah termasuk dengan pulau karimunjawa. Jadi kamu hanya perlu menyiapkan biaya penyebrangan. Kamu dapat menikmati pantai yang sepi, air laut yang jernih, dan keindahan alam yang masih asri. Pulau ini cocok untuk bersantai dan menjauh dari keramaian.

Jika kamu ingin Pulau Kemujan, pastikan untuk melihat perkiraan cuaca dulu ya. Karena kamu akan melewati lautan yang luas. Jadi jangan memaksa perjalanan saat ombak besar.

Pantai Kartini

foto pantai kartini
kartini beach photo by ig @deferino

Pantai Kartini adalah salah satu pantai paling terkenal di Jepara dan terletak di tengah kota. Dengan harga tiket masuk hanya Rp. 10.000, pantai ini menawarkan pasir putih yang lembut, dan air yang jernih, kamu dapat eksplorasi berbagai kegiatan seperti naik perahu atau bermain pasir.

Pantai ini kerap ramai dikunjungi setiap hari. Saat disini kamu dapat melihat wahana kura-kura raksasa yang didalamnya terdapat banyak sekali spot foto yang harus kamu abadikan. Pantai kartini di Jepara menjadi tempat wisata wajib saat kamu berkunjung di kota ukir ini. Pantai ini berlokasi di Jl. Bhayangkara, Panggang, Jepara, Jawa Tengah. Kamu dapat menempuhnya dari pusat kota hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Wisata Sejarah Jepara

Jepara mempunyai sejarah yang panjang. Sebagian sejarah tersebut dapat kamu rasakan di museum maupun bangunan-bangunan peninggalan kolonial. Nah ternyata Jepara mempunyai beragam tempat wisata bersejarah loh… apa aja? ini dia wisata bbersejarah di Jepara.

Museum Kartini

museum kartini Jepara
jejakpiknik.com

Wanita yang terkenal dengan emansipasinya dapat kamu temukan lagi di Museum RA Kartini. Museum ini menjadi saksi perjuangan Kartini dalam memperjuangkan hak-hak wanita di masa itu.

Museum Kartini adalah destinasi wisata Jepara terbaru yang memungkinkan kamu untuk mengenal lebih dalam tentang Raden Ajeng Kartini, seorang pejuang emansipasi wanita Indonesia yang terkenal. kamu tidak perlu membayar tiket masuk Museum Kartini pada weekdays. Namun jika kamu ingin berkunjung di weekend, kamu harus membayar 5.000 untuk anak-anak dan 8.000 untuk dewasa.

Disini kamu dapat melihat koleksi artefak dan benda bersejarah yang berkaitan dengan Kartini dan perjuangannya. Menarik bukan?

Benteng Portugis

benteng portugis foto
benteng portugis foto by IG: ida_wati_27

Wisata bersejarah ini terletak di Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Jepara. Benteng portugis merupakan peninggalan sejarah Portugis yang dulunya berfungsi sebagai pertahanan wilayah koloni. benteng ini masih kokh berdiri hingga saat ini. Kamu hanya perlu merogoh kocek 5.000 rupiah untuk satu tiket masuk.

Benteng yang sudah dibangun sejak 1632 ini terletak di pinggir laut. Kamu juga dapat melihat indahnya sunset pada malam hari disini. wisata ini cocok buat kamu yang ingin berwisata sembari belajar sejarah.

Museum Ukir Nusantara

Museum di jepara ini merupakan museum ukir pertama di dunia. Jepara memang telah diakui dengan seni ukirnya. Sehingga saat kamu mampir disini, kamu wajib berkunjung di museum ukir nasional. Kamu gak perlu membayar tiket masuk disini. Yups HTM Museum ukir nusantara adalah gratis.

Selain ukiraan, kamu juga dapat menyaksikan mini teater, rumah ada jepara hingga toko souvenir. Jika kamu berkunjung di Jepara, tak lengkap jika belum mengunjungi museum ini.

Museum Gong Perdamaian Dunia

Wisata ini dapat kamu temukan di Desa Plajan, Jepara. Ini berawal dari Djuyoto Suntani yang merupakan Presiden Perdamaian Dunia dari Jepara, Ia telah menyumbang 202 Gong yang ditempatkan di 202 belahan dunia, diluncurkan pertama kali pada tahun 2002 di Bali oleh presiden saat itu, Megawati Soekarno Putri.

Hingga saat ini gong tersebut dapat kamu temukan di desa plajan. Tiket masuk disini gratis, kamu hanya perlu membayar parkir. Wisata ini cocok untuk menanamkan edukasi perdamaian khususnya untuk anak-anak.

Gunung dan Bukit di Jepara

Jepara memang tak habis wisatanya. Jika kamu ingin berwisata di pegunungan, kamu bisa mencoba wisata bukit dan gunung di Jepara. Ini dia 3 wisata gunung di Jepara.

Bukit Bejagan

Buat kamu yang ingin wisata di ketinggian, Bukit Bejagan merupakan solusi yang pas. wisata ini berlokasi di Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Kamu cukup menempuh perjalanan tidak lebih satu jam dari pusat kota jepara.

Disini kamu dapat menikmati dinginnya udara Jepara dan menikmati secangkir kopi. Di desa tempur, terdapat kopi yang sangat terkenal. Kamu wajib membawa oleh-oleh ini saat berkunjung di Jepara.

Gunung Muria

Siapa yang tak kenal dengan gunung muria? yups gunung di perbatasan jepara ini terkenal karena terdapat salah satu walisongo. Selain berziarah, kamu bisa juga berwisata di gunung muria. Kamu dapat menikmati air terjun montel yang letaknya tak jauh dari lokasi ziarah. Atau kamu juga bisa memetik kopi langsung di wisata kebun kopi di sekitar lereng muria.

Desa Wisata Plajan

Desa Wisata Plajan adalah destinasi wisata Jepara terbaru yang wajib kamu kunjungi. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp. 10.000, kamu dapat melihat kerajinan tangan tradisional, belajar membatik, atau menikmati kuliner khas Jepara. Pemandangan disini juga sangat indah, kamu dapat melihat gunung di jepara dalam jarak dekat.

Lokasi: Desa Plajan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah.

Air Terjun di Jepara

Jika kamu bosan berwisata di pantai Jepara, kamu bisa nih coba air terjun yang ada di jepara ini. Ternyata banyak wisata air terjun sepi yang dapat kamu kunjungi bersama pasangan. Ini dia wisata air terjun paling recomended yang ada di jepara.

Air Terjun Karimunjawa

air terjun karimunjawa
jeparahariini.com

Air Terjun Karimunjawa adalah salah satu keajaiban tersembunyi di tengah hutan Karimunjawa. Harga tiket masuk sekitar Rp. 10.000, dan kamu dapat melakukan pendakian ringan sebelum sampai di air terjun yang menyejukkan. Ini adalah tempat yang cocok untuk berpetualang dan berkoneksi dengan alam.

Air Terjun Jurang Manten

air terjun jurang manten
foto air terjun jurang manten b robby_noviyan

Air terjun ini berlokasi di desa Pakisaji kab. Jepara. Konon, nama jurang manten berawal dari kisah sepasang kekasih yang tidak direstui mengunjungi air terjun ini. Sehingga sepasang kekasih tersebut terjerumus ke dalam jurang yang ada di dekat air terjun. Sehingga air terjun ini disebut jurang manten.

Terlepas dari kebenarannya, air terjun ini sangat cocok untuk dinikmati. Kamu akan disambut dengan air terjun setinggi 8 meter ini. Juga terdapat beragam pepohonan yang menambah sejuk udara jepara. Jika kamu ingin mampir kesini, cukup bayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah.

Air Terjun Banyu Anjlok

foto air terjun banyu anjlok
foto air terjun banyu anjlok by falih_alcantara

Sering dikunjungi wisatawan, membuat air terjun banyu anjlok seakan menjadi ikon kota jepara. Air terjun banyu anjlok terletak di desa sumosari. Kamu dapat menempunya kurang lebih 40 menit dari pusat kota. Pemandangan indah dan air terjun yang tinggi seakan menjadi daya tarik di sini. Kamu nggak perlu bayar tiket masuk, hanya membayar uang parkir saja kamu dapat menikmati keindahan air terjun banyu anjlok.

Itu dia wisata jepara terbaru yang dapat kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati pantai, gunung, air terjun hingga museum di jepara. udah nemu mau ke wisata mana? yukk simak terus artikel disini biar gak ketinggalan info wisata terbaru

One response

  1. […] Museum Kartini Jepara adalah sebuah destinasi wisata yang sangat istimewa di tengah kota Jepara, Jawa Tengah. Tempat ini tidak hanya mempesona dengan keindahan arsitektur bangunan museumnya, tetapi juga menyimpan sejarah penting dari salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia yang legendaris, yaitu R.A. Kartini. Dengan begitu banyak hal menarik yang ditawarkan, museum ini layak menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat eksplorasi wisata Jepara. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *