foto candi sambisari

Candi Sambisari, sebuah destinasi bersejarah yang menghidupkan kembali kejayaan Hindu di tengah hutan Jawa! Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda melintasi sejarah lengkap Candi Sambisari, mengungkap mitos yang mengelilingi tempat bersejarah ini, menjelajahi lokasi dan keindahan spot lainnya yang memikat, memberikan tips berwisata ke tempat bersejarah ini, serta menyajikan informasi tentang harga tiket yang perlu Anda ketahui. Mari kita menyelami keagungan arsitektur Candi Sambisari dan menghargai nilai historisnya!

Sejarah Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah candi Hindu yang terletak di Desa Sambisari, Sleman, Yogyakarta. Dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Mataram Kuno, candi ini menandakan masa keemasan agama Hindu dan kejayaan peradaban Jawa Kuno.

Menurut sejarah, Candi Sambisari merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Indonesia. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi, yang mencerminkan kejayaan peradaban pada masa itu. Sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, Candi Sambisari memberikan gambaran mengenai kekayaan arsitektur dan keagamaan pada masa lalu, dan menjadi salah satu saksi bisu perjalanan sejarah kerajaan yang menciptakan keindahan seni dan kebijaksanaan teknis.

Sejarah penemuan candi sambisari ini berawal dari Arjo Wiyono yang mengolah tanah milik Karyoinangun. Pada saat itu Arjo mencangkul dan mengenai batu berukir yang ternyata setelah diteliti merupakan reruntuhan candi sambisari. Kemudian penemuan tersebut dilaporkan kepada Kantor Cabang I Lembaga Peninggalan Purbakala Nasional (LP2N) di Prambanan yang melakukan ekskavasi.

Candi Sambisari ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1966 ketika sedang dilakukan penggalian. Candi ini sebelumnya tertimbun oleh abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi yang telah lama padam. Setelah dilakukan restorasi, candi ini menjadi salah satu destinasi bersejarah yang menarik minat wisatawan dari dalam dan luar negeri.

baca juga Candi Dieng: Keajaiban Penuh Sejarah Di Ketinggian Dieng

Mitos yang Mengelilingi Candi Sambisari

foto candi sambisari
candi sambisari by IG @adventurose

Candi Sambisari juga dikelilingi oleh mitos dan cerita rakyat yang menambah pesona mistis tempat bersejarah ini. Sayangnya, informasi mengenai mitos khusus tentang Candi Sambisari belum sepenuhnya diungkap oleh masyarakat luas. Namun, suasana magis dan keindahan candi ini telah menarik perhatian para pengunjung dari berbagai penjuru dunia.

Lokasi dan Keindahan di Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di tengah hutan Jawa, menciptakan suasana yang tenang dan damai. Saat Anda menjelajahi kompleks candi ini, Anda akan terpesona dengan arsitektur yang megah dan detail ukiran yang rumit pada dinding candi. Candi ini memiliki bentuk tumpang tiga, dengan candi utama berada di bagian tengah dan dua candi kecil di sisi kiri dan kanan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil foto-foto indah di sekitar candi dan mengeksplorasi keindahan alam yang masih alami di sekitar Sambisari. Spot-spot menarik ini akan memberikan kenangan tak terlupakan dari perjalanan Anda.

baca juga Sejarah Candi Sewu: Keajaiban Arsitektur Di Jawa Tengah

Tips Berwisata ke Candi Sambisari

  • Kenakan Pakaian yang Nyaman: Kenakanlah pakaian yang nyaman dan sopan saat mengunjungi Candi Sambisari. Hindari pakaian yang terlalu ketat atau mengganggu selama perjalanan Anda.
  • Bawa Perlengkapan yang Diperlukan: Bawalah kacamata hitam, topi, dan juga air minum untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung dan menjaga kesehatan selama berwisata.
  • Gunakan Sepatu yang Nyaman: Sepatu yang nyaman dan sesuai untuk trekking akan membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan saat menjelajahi kompleks candi dan sekitarnya.
  • Hormati Lingkungan: Selama berada di Candi Sambisari, jaga kebersihan dan hindari merusak lingkungan sekitar. Bantu menjaga kelestarian candi dan hutan Jawa untuk generasi mendatang.

baca juga Kawah Gunung Ijen: Keajaiban Belerang dan Blue Fire

Harga Tiket dan Informasi Lainnya

Harga tiket masuk ke Candi Sambisari Jogja sebesar Rp 5.000 per orang. Selain itu, ada tambahan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Candi Sambisari, destinasi wisata sejarah, menerima pengunjung setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00.

Penutup

Candi Sambisari adalah perjalanan melintasi sejarah Hindu yang menakjubkan di tengah hutan Jawa. Kunjungan Anda ke Candi Sambisari akan membawa Anda pada perjalanan mengagumi keindahan fisik candi ini dan merenungkan pesan inspiratif dari zaman dahulu. Nikmati keajaiban arsitektur dan keindahan alam di sekitar candi ini. Jadikan kunjungan Anda sebagai momen berharga untuk menghargai warisan bersejarah dan kekayaan budaya Jawa Kuno. Selamat menikmati petualangan Anda di Candi Sambisari, Yogyakarta!

photo by bektindah.u_

Categories:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *