Wisata Candi Gedong Songo

Selamat datang di Wisata Candi Gedong Songo, sebuah destinasi bersejarah yang memukau di Jawa Tengah, Indonesia! Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda menyelami keajaiban sejarah Candi Gedong Songo, serta mengungkap keindahan bangunannya dan menawarkan informasi tentang spot foto terbaik untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Mari kita eksplorasi lebih jauh tentang akses, lokasi, keindahan arsitektur, fasilitas, dan harga tiket untuk merasakan pesona wisata Candi Gedong Songo.

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah kompleks candi Hindu yang bersejarah, terletak di kaki Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Bangunan-bangunan candi ini berasal dari abad ke-8 hingga ke-9 dan merupakan peninggalan dari masa pemerintahan dinasti Sailendra. Dengan letaknya yang berada di dataran tinggi, Candi Gedong Songo menawarkan pemandangan alam yang indah serta udara yang segar, membuat perjalanan ke lokasi ini semakin menyenangkan.

Lokasi dan Akses ke Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dari Kota Semarang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk mencapai lokasi candi ini. Perjalanan dari Kota Semarang memakan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi dari kota-kota besar di Jawa Tengah, seperti Semarang, Salatiga, atau Ambarawa. Setibanya di area parkir, Anda perlu berjalan kaki atau naik kuda ke atas gunung untuk mencapai kompleks Candi Gedong Songo.

Keindahan Bangunan

Candi Gedong Songo terdiri dari sembilan candi yang tersebar di kawasan Gunung Ungaran. Bangunan candi-candi ini memiliki ciri khas arsitektur Hindu Jawa kuno dengan sentuhan budaya India. Keindahan arsitektur dan relief yang rumit pada setiap candi menunjukkan keagungan zaman dahulu kala dan kecintaan masyarakat Hindu terhadap seni dan keindahan.

Selain keajaiban arsitektur, lokasi candi-candi ini juga memukau dengan panorama alam yang menakjubkan, seperti pemandangan pegunungan, sawah, dan hutan yang hijau. Pemandangan matahari terbit atau terbenam dari atas Gunung Ungaran menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang menyukai fotografi.

Spot Foto Terbaik di Candi Gedong Songo

  1. Puncak Gunung Ungaran: Saat Anda berada di puncak Gunung Ungaran, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan dari seluruh kompleks candi. Pemandangan ini menjadi latar belakang sempurna untuk mengabadikan momen berharga selama perjalanan.
  2. Kelingking Beach: Dari salah satu candi di kompleks, Anda dapat menikmati pemandangan luar biasa dari Kelingking Beach di kejauhan. Kombinasi antara candi kuno dan panorama pantai yang indah menciptakan komposisi foto yang menakjubkan.
  3. Pintu Gerbang Candi: Bagian pintu gerbang candi dengan ukiran yang halus adalah spot ideal untuk mengambil foto detail arsitektur kuno yang memesona.
  4. Sawah dan Hijauan Gunung: Di sekitar candi, Anda juga dapat menemukan sawah dan hijauan yang menambah suasana damai dan alami untuk mengambil foto-foto indah.

Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Candi Gedong Songo

Untuk dapat menikmati pesona Wisata Candi Gedong Songo, Anda akan dikenai biaya tiket masuk. Harga tiket biasanya tergantung pada status kewarganegaraan, dengan harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 30.000 untuk wisatawan domestik, dan sekitar Rp 150.000 hingga Rp 300.000 untuk wisatawan internasional. Tiket ini juga biasanya sudah termasuk biaya parkir.

Selain itu, di sekitar kompleks candi, Anda akan menemukan berbagai fasilitas, seperti kios makanan dan minuman, toilet umum, serta area bermain untuk anak-anak. Sebagai pengunjung, pastikan untuk menjaga kebersihan dan menjaga lingkungan sekitar candi agar tetap terjaga kelestariannya untuk generasi mendatang.

Pentingnya Kehati-hatian saat Berkunjung

Ketika berkunjung ke Candi Gedong Songo, penting untuk menghormati lingkungan dan cagar budaya ini. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengikuti petunjuk yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Hindari merusak atau menyentuh bangunan candi, karena mereka adalah peninggalan bersejarah yang harus dijaga keasliannya.

baca juga : Menikmati Pesona Sunrise Gunung Bromo, Lokasi dan Tiketnya

Wisata Candi Gedong Songo menawarkan pengalaman sejarah yang menakjubkan dengan keindahan arsitektur candi-candi Hindu Jawa kuno. Dengan akses yang mudah dan fasilitas yang memadai, Anda dapat menikmati pesona alam yang memukau dan kekayaan sejarah yang tersembunyi di kawasan Gunung Ungaran ini. Jadikan perjalanan Anda ke Candi Gedong Songo sebagai momen berharga untuk merenung dan menghargai keagungan peradaban masa lalu. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen tak terlupakan di antara candi-candi indah ini dan bawa pulang kenangan berharga dari destinasi bersejarah yang kaya ini! Nikmati petualangan Anda dan temukan keajaiban Candi Gedong Songo yang menunggu untuk dijelajahi.

Photo by Farano Gunawan on Unsplash

Categories:

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *