wisata sekitar candi prambanan

Candi Prambanan, atau yang juga dikenal sebagai Candi Rara Jonggrang, merupakan salah satu keajaiban arsitektur Hindu terbesar di Indonesia dan telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Menyajikan pesona sejarah dan keindahan yang tak tertandingi, Candi Prambanan terletak sekitar 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan detail sejarah Candi Prambanan, harga tiket masuk wisata, fasilitas yang tersedia, dan mengapa kunjungan ke tempat ini menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Sejarah Candi Prambanan: Kekuatan Mitologi dan Kejayaan Kerajaan

Sejarah Candi Prambanan berakar pada abad ke-9 Masehi, ketika dinasti Sanjaya memerintah Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dibangun sebagai wujud penghormatan kepada tiga dewa utama dalam agama Hindu, yakni Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa. Dalam legenda yang terkenal, Candi Prambanan disebut sebagai tempat pembangunan yang dilakukan oleh Rara Jonggrang, seorang putri yang diminta untuk menikah oleh Raja Boko dengan syarat membangun seribu candi dalam semalam. Rara Jonggrang menolak dan menghadapkan rintangan kepada Raja Boko, yang mengakibatkan dia diubah menjadi patung oleh dewa Siwa. Rara Jonggrang yang menjadi patung kemudian ditempatkan sebagai arca Durga di dalam Candi Prambanan.

baca juga : Mitos Candi Borobudur: Sejarah, Mitos, Lokasi, Dan Harga Tiketnya

Candi Prambanan memegang peran penting sebagai pusat kegiatan keagamaan dan spiritual pada masa itu. Namun, pada abad ke-10, Kerajaan Mataram mengalami kemunduran dan candi ini ditinggalkan hingga terlupakan selama berabad-abad. Barulah pada tahun 1811, seorang insinyur Belanda bernama CA Lons menemukan kembali Candi Prambanan. Sejak saat itu, upaya restorasi dilakukan untuk mengembalikan kejayaan dan keindahan asli Candi Prambanan. Restorasi besar-besaran dilakukan pada abad ke-20 dan Candi Prambanan akhirnya diakui sebagai salah satu situs arkeologi terpenting di Indonesia.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan: Mencicipi Keajaiban Sejarah

Saat merencanakan kunjungan ke Candi Prambanan, penting untuk mengetahui harga tiket masuk. Dalam rangka mendukung pelestarian dan pemeliharaan candi ini, pengunjung perlu membeli tiket masuk. Harga tiket masuk Candi Prambanan untuk wisatawan domestik berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 50.000, sementara untuk wisatawan internasional sekitar Rp 275.000 hingga Rp 325.000. Dalam membeli tiket, pastikan untuk mengecek informasi terkini mengenai harga dan kebijakan tiket.

Fasilitas di Candi Prambanan: Kenyamanan Pengunjung Terjamin

Candi Prambanan menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjung agar mereka dapat merasakan kenyamanan selama berada di tempat ini. Area parkir yang luas disediakan untuk kendaraan pribadi maupun bus pariwisata. Toilet umum tersedia di beberapa titik di sekitar kompleks Candi Prambanan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Jika Anda membutuhkan tempat untuk istirahat sejenak, terdapat area peristirahatan dengan bangku-bangku di sekitar candi. Selain itu, Anda juga dapat menemukan warung makan di sekitar Candi Prambanan yang menyajikan hidangan khas Jawa dan makanan ringan tradisional. Jangan khawatir jika Anda lupa membawa payung atau topi, karena di sekitar area tiket masuk tersedia penyewaan payung dan topi untuk keperluan Anda.

Mengapa Kunjungan ke Candi Prambanan Tidak Boleh Dilewatkan

Kunjungan ke Candi Prambanan adalah sebuah perjalanan yang akan membawa Anda melintasi masa lalu yang mempesona. Menjelajahi kompleks candi yang megah ini akan membiarkan Anda terpesona dengan detail arsitektur yang halus dan ornamen yang indah. Setiap sudut candi menampilkan keindahan seni dan keagungan zaman dahulu. Candi Prambanan juga sering menjadi tempat pertunjukan tari Ramayana yang mengagumkan, di mana penari-penari berbakat memainkan adegan-adegan dari kisah epik Hindu tersebut. Anda akan terpukau oleh keanggunan gerakan tari dan nuansa magis yang tercipta di dalam lingkungan yang begitu kuno.

Selain keindahan sejarahnya, Candi Prambanan juga menawarkan pengalaman spiritual yang mendalam. Suasana yang tenang dan damai di sekitar candi menjadikannya tempat yang cocok untuk bermeditasi, merenung, atau mencari ketenangan batin. Anda akan merasakan kekuatan dan kehadiran spiritual yang kuat saat berada di tengah-tengah candi ini.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Prambanan dan merasakan pesona spiritual serta keindahan arsitektur kuno yang luar biasa. Harga tiket masuk yang terjangkau dan fasilitas yang tersedia akan memastikan kunjungan Anda menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Dengan mengenal sejarah dan kekayaan budaya Indonesia melalui Candi Prambanan, Anda akan mendapatkan perspektif yang lebih dalam tentang warisan budaya yang kita banggakan.

Photo by Afif Ramdhasuma on Unsplash

Categories:

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *