mitos candi borobudur

Candi Borobudur, yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, adalah sebuah keajaiban arsitektur Buddha yang sangat terkenal. Selain keindahan dan sejarahnya, Candi Borobudur juga dikaitkan dengan berbagai mitos dan cerita yang melingkupinya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi mitos Candi Borobudur, sejarahnya yang menarik, lokasinya yang ikonik, serta memberikan informasi tentang harga tiket untuk mengunjungi candi ini.

Sejarah Candi Borobudur:

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh kerajaan Sailendra, yang merupakan salah satu kerajaan Budha terbesar di Jawa pada masa itu. Candi ini merupakan monumen besar yang mewakili kosmologi Buddha, dengan tujuan untuk mempromosikan pemahaman tentang ajaran Buddha kepada orang-orang Jawa pada masa itu.

Candi Borobudur terdiri dari sembilan tingkat, yang terdiri dari tiga tingkatan teras persegi dan enam tingkatan lingkaran. Di dinding candi, terdapat relief yang menggambarkan ajaran Buddha dan kisah-kisah dari kehidupan Buddha Gautama.

baca juga : Mitos Candi Borobudur Dan Memahami Legenda Di Balik Keajaiban Sejarah

Mitos dan Cerita seputar Candi Borobudur:

Candi Borobudur juga dikelilingi oleh mitos dan cerita yang terkait dengan sejarahnya. Salah satu mitos yang terkenal adalah tentang Asu (anjing) di Candi Borobudur. Konon, ada relief yang menggambarkan anjing yang berada di bagian bawah candi. Dipercaya bahwa jika Anda menggosok atau mengusap kepala anjing itu dengan harapan yang tulus, keinginan Anda akan terkabul. Beberapa pengunjung percaya bahwa anjing tersebut memiliki kekuatan mistis yang dapat membantu memenuhi keinginan mereka.

Mitos lainnya adalah tentang Rajah Bintang. Dipercaya bahwa jika Anda dapat menemukan rajah bintang di relief Candi Borobudur, maka Anda akan mendapatkan keberuntungan atau mendapatkan jodoh. Mencari rajah bintang di tengah ribuan relief yang ada tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung. Beberapa orang bahkan mengaku telah menemukan rajah bintang dan mengaitkannya dengan peristiwa atau keberuntungan positif dalam hidup mereka.

Selain itu, ada mitos tentang kekuatan penyembuhan Candi Borobudur. Beberapa orang percaya bahwa mengunjungi candi ini dan bermeditasi di sekitarnya dapat menyembuhkan penyakit atau menghilangkan energi negatif. Banyak yang datang ke Candi Borobudur dengan harapan mendapatkan kesembuhan dan kehidupan yang lebih baik.

Lokasi dan Akses ke Candi Borobudur:

Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 kilometer sebelah barat laut Yogyakarta. Akses ke candi ini cukup mudah, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau menggunakan angkutan umum.

Dari Yogyakarta, Anda dapat menuju Candi Borobudur dengan menggunakan bus atau travel yang tersedia di terminal atau pusat kota. Perjalanan dari Yogyakarta ke Candi Borobudur biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung pada lalu lintas.

Harga Tiket untuk Mengunjungi Candi Borobudur:

Untuk memasuki kompleks Candi Borobudur, pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk biasanya terbagi antara pengunjung domestik dan internasional, serta antara hari biasa dan hari libur. Saat ini, harga tiket masuk untuk pengunjung domestik adalah sekitar Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per orang, sementara pengunjung internasional dikenakan sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per orang. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk memeriksa harga tiket terbaru sebelum berkunjung.

baca juga : Wisata Gunung Rinjani: Pesona Alam yang Memukau

Catatan Penting:

  • Ketika mengunjungi Candi Borobudur, penting untuk menghormati tempat suci ini dengan menjaga kebersihan dan ketertiban.
  • Patuhi peraturan yang ditetapkan oleh pengelola candi dan jangan merusak atau mengambil bagian apapun dari candi.
  • Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan pemandu lokal yang dapat memberikan informasi sejarah dan cerita menarik seputar Candi Borobudur.

Candi Borobudur bukan hanya sebuah situs bersejarah yang mengesankan, tetapi juga tempat yang sarat dengan mitos dan cerita menarik. Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang mitos dan sejarahnya, Anda dapat menghargai dan merasakan keajaiban Candi Borobudur dengan lebih mendalam.

Categories:

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *