situs trowulan

Indonesia, sebagai negara kaya sejarah dan kebudayaan, memiliki periode bersejarah yang sangat penting, salah satunya adalah masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Wisata Trowulan, kompleks arkeologi di Mojokerto, Jawa Timur, menjadi saksi bisu dari gemilangnya kerajaan tersebut. Artikel ini akan membahas secara lebih mendalam tentang Situs Trowulan, menyertakan informasi terkait dengan pertanyaan umum.

Wisata Situs Trowulan

candi trowulan foto
candi trowulan foto by IG lnaasukaaapjkk

Trowulan, yang juga dikenal sebagai “Kota Majapahit,” menjadi tempat kunci yang mencerminkan kebesaran dan kekuatan Kerajaan Majapahit pada abad ke-14 hingga ke-15. Sebagai pusat politik, ekonomi, dan budaya, Trowulan kini menjadi destinasi wisata menarik bagi pengunjung lokal dan internasional yang ingin menyusuri jejak sejarah Indonesia kuno.

Situs Trowulan adalah kompleks arkeologi yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Ini adalah bekas ibu kota Kerajaan Majapahit yang menggambarkan kemegahan kerajaan tersebut pada masa lalu. Situs ini mencakup berbagai struktur, termasuk candi, padepokan, dan museum, memberikan pengunjung wawasan mendalam tentang sejarah dan kehidupan masyarakat Majapahit.

Ya, situs Trowulan merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang sangat bersejarah. Kompleks ini mencerminkan kejayaan dan kekuatan kerajaan tersebut pada masa silam. Struktur-struktur seperti candi, padepokan, dan museum memberikan gambaran hidup masyarakat pada era Majapahit.

Candi-Candi Menarik di Trowulan

situs trowulan foto
situs trowulan foto by IG lnaasukaaapjkk

Di Trowulan, terdapat beberapa candi yang menarik untuk dikunjungi, antara lain

  1. Candi Bajang Ratu: Candi ini yang indah dan terawat dengan baik, diyakini sebagai tempat pemujaan bangsawan Majapahit.
  2. Candi Tikus (Candi Brahu): Dikenal dengan ukiran menakjubkan, merupakan contoh arsitektur khas Majapahit. Dilengkapi dengan kolam yang digunakan untuk upacara keagamaan.

baca juga : Gunung untuk pendaki pemula di jawa tengan

Lokasi dan Akses Wisata Trowulan

Candi Bajang Ratu dan Candi Tikus (Candi Brahu) yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari Kota Mojokerto.

Dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati keajaiban sejarah yang disajikan oleh kompleks Trowulan. Dukungan melalui pembelian tiket masuk juga penting untuk pelestarian situs arkeologi ini agar tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Jangan lewatkan Trowulan jika Anda mencari destinasi wisata penuh pesona sejarah di Jawa Timur. Nikmati keindahan arsitektur kuno, jelajahi peninggalan Kerajaan Majapahit, dan hayati warisan budaya yang tak ternilai di wisata Trowulan. Sambut masa lalu yang memukau dan berkesan dalam perjalanan Anda.

Hotel Dekat Situs Trowulan

Buat kamu yang ingin berkunjung di situs trowulan, kami berikan informasi hotel terdekat nih. Anda tidak perlu jauh-jauh menginap karena terdapat banyak hotel dekat situs trowulan yang dapat kamu singgahi. Berikut adalah daftar 7 hotel yang terletak dekat dengan Wisata Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur:

Hotel Trowulan

  • Lokasi: Jalan Panglima Sudirman No. 23, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jarak ke Trowulan: Sekitar 5 km.
  • Harga dan Informasi Reservasi: Kunjungi situs web resmi Hotel Trowulan.

Hotel Grand Trowulan

Hotel Merdeka

  • Lokasi: Jalan Yos Sudarso No. 3, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jarak ke Trowulan: Sekitar 4 km.
  • Harga dan Informasi Reservasi: Hubungi langsung hotel untuk informasi lebih lanjut.

Hotel Suncity Mojokerto

Hotel Grand Belanda

  • Lokasi: Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 110, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jarak ke Trowulan: Sekitar 7 km.
  • Harga dan Informasi Reservasi: Hubungi langsung hotel untuk informasi lebih lanjut.

Hotel Istana Permata Nganjuk

Hotel Mojopahit

  • Lokasi: Jalan Raya Rambaan No. 1, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jarak ke Trowulan: Sekitar 2 km.
  • Harga dan Informasi Reservasi: Hubungi langsung hotel untuk informasi lebih lanjut.

Pastikan untuk memeriksa ketersediaan dan fasilitas hotel sebelum melakukan reservasi. Jarak yang disebutkan dapat bervariasi tergantung rute perjalanan dan kondisi lalu lintas.

Wisata Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur, mempersembahkan kekayaan sejarah Kerajaan Majapahit melalui situs arkeologi yang mengesankan. Dengan candi, padepokan, dan museum, pengunjung dapat menjelajahi kehidupan bangsawan Majapahit. Terdapat berbagai pilihan hotel terdekat, seperti Hotel Trowulan, Hotel Grand Trowulan, dan Hotel Mojopahit, memudahkan pengunjung untuk menikmati pesona sejarah dengan kenyamanan akomodasi yang baik. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Trowulan adalah destinasi yang memukau bagi pecinta sejarah di Jawa Timur.

Categories:

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *