wisata sekitar malioboro

Tempat wisata Malioboro memang tak ada habisnya. Bahkan, tempat wisata sekitar malioboro [un gak kalah menarik untuk dikunjungi. Terkenal dengan kehidupan malamnya yang ramai dan keramaian jalannya, Malioboro juga menawarkan banyak wisata menarik di sekitarnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih detail mengenai beberapa tempat wisata terbaik di sekitar Malioboro beserta informasi harga tiket masuk, fasilitas, akses, jarak, dan pilihan penginapan di sekitarnya.

Wisata Sekitar Malioboro

Memang sih, banyak wisata menarik di jogja. Namun, bila kamu berkunjung ke jogja tak afdol rasanya jika tidak ke malioboro. ada beberapat tempat wisata sekitar malioboro yang wajib kamu kunjungi nih. apa aja kira-kira yuk aku spill 5 tempat wisata sekitar malioboro paling menarik 2023.

Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta HD
keraton jogja by IG @bimoksma

Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Sultan Yogyakarta dan merupakan salah satu objek wisata terbaik di sekitar Malioboro. Tempat ini memancarkan keindahan arsitektur Jawa klasik dan menyajikan kebudayaan tradisional yang kaya. Pengunjung dapat mengunjungi museum dan ruang pamer yang menampilkan koleksi seni, perabotan, dan pusaka kerajaan.

Harga tiket masuk Keraton Yogyakarta berkisar antara Rp 15.000 – Rp 30.000, tergantung apakah Anda ingin menggunakan jasa pemandu. Fasilitas yang disediakan meliputi area parkir, toko suvenir, dan kantin. Keraton Yogyakarta terletak sekitar 1,5 km dari Malioboro dan dapat dicapai dengan berjalan kaki atau menggunakan becak.

Taman Sari

taman sari jogja
taman sari jogja by IG @wisata_tamansari_yogyakarta

Taman Sari adalah kompleks bekas istana yang terletak tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan kolam-kolamnya yang indah dan arsitektur kuno yang menakjubkan. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks ini dan menikmati suasana yang tenang. Harga tiket masuk ke Taman Sari sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000.

Fasilitas yang tersedia di sini mencakup area parkir, kamar mandi, dan warung makan. Taman Sari dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Malioboro dalam waktu sekitar 15 menit. wisata sekitar malioboro ini gak boleh kamu lewatin.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg by IG @djorees_

Selain Candi Borobudur di magelang, Jogja punya nih wisata sejarah paling menarik dikunjungi. Benteng Vredeburg adalah bekas benteng kolonial Belanda yang kini berfungsi sebagai museum perjuangan. Museum ini menampilkan sejarah perjuangan Indonesia dalam mendapatkan kemerdekaan. Pengunjung dapat melihat berbagai koleksi yang mencakup foto, dokumen, senjata, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Harga tiket masuk ke museum ini sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 tergantung pada hari kamu berkunjung. Tempat wisata sekitar malioboro ini mempunyai fasilitas yang cukup menarik seperti area parkir, kamar mandi, dan toko suvenir. Benteng Vredeburg terletak sekitar 2 km dari Malioboro dan dapat dicapai dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum.

Pasar Beringharjo

wisata sekitar malioboro pasar beringharjo
pasar beringharjo IG by @diniekaa9_

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang terletak di jantung Malioboro. Di pasar ini, Anda akan menemukan berbagai macam barang seperti kain batik, kerajinan tangan, perhiasan, dan makanan tradisional.

Pasar Beringharjo tidak memungut biaya tiket masuk, dan pengunjung dapat menikmati pengalaman berbelanja yang unik. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir untuk menuju tempat wisata sekitar malioboro ini. Selain pasar disini kamu juga menemukan restoran-restoran menarik lainnya.

Malioboro Street Food

Malioboro Street Food
penjual sate di Malioboro Street Food By @kallyfactory

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Malioboro tanpa mencicipi makanan lezatnya. Di sepanjang jalan Malioboro, Anda akan menemukan berbagai warung dan penjual makanan jalanan yang menjajakan hidangan khas Yogyakarta, seperti gudeg, bakpia, wedang ronde, dan sate klathak.

Harga makanan di sini bervariasi, tergantung pada jenis makanan dan tempatnya, sedikit tips buat kamu nih, usahakan tanya harga dulu ya sebelum membeli. Gak mau kan kalau kamu ditipu dengan harga yang fantastis. Saat wisata disini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Yogyakarta di sekitar Malioboro.

Pilihan Penginapan di Sekitar Malioboro

Selain wisata, kamu juga bisa nih cari penginapan disekitar malioboro. Banyak sih penginapan disini, aku coba spill 3 penginapan paling worth it di sekitar malioboro nih.

  • Hotel ibis Malioboro: Hotel bintang 3 yang terletak di jantung Malioboro dengan harga mulai dari sekitar Rp 500.000 per malam. Hotel ini menawarkan fasilitas modern dan akses mudah ke berbagai tempat wisata di sekitar Malioboro.
  • Hotel The Phoenix Yogyakarta – MGallery: Hotel mewah dengan arsitektur kolonial yang berjarak sekitar 500 meter dari Malioboro. Harga mulai dari sekitar Rp 1.500.000 per malam. Hotel ini menyediakan fasilitas lengkap, seperti restoran, kolam renang, spa, dan pusat kebugaran.
  • Hotel Whiz Prime Malioboro: Hotel budget dengan fasilitas yang nyaman dan harga mulai dari sekitar Rp 300.000 per malam. Terletak di pusat kota Yogyakarta, hotel ini menawarkan akses mudah ke Malioboro dan tempat-tempat wisata lainnya.

Untuk mengunjungi wisata sekitar Malioboro, Anda dapat menggunakan jasa transportasi umum seperti becak, andong, atau ojek online untuk mengakses tempat-tempat tersebut. Jarak antar destinasi wisata tersebut relatif dekat dan dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau naik transportasi selama beberapa menit.

Nikmati pesona Malioboro dan keindahan sekitarnya yang memikat. Selamat berwisata di Yogyakarta!

Photo by Farhan Abas on Unsplash

Categories:

No responses yet

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *