candi di blitar

Apakah Anda seorang pecinta sejarah dan kebudayaan? Jika iya, maka Anda tidak boleh melewatkan pesona Candi Penataran di Blitar. Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan lengkap tentang Candi Penataran, termasuk sejarahnya, lokasinya, harga tiket masuk, dan lokasi tepatnya. Nikmati keindahan arsitektur kuno dan warisan budaya yang mengagumkan dari salah satu candi terindah di Jawa Timur ini.

Sejarah Candi Penataran

Candi Penataran adalah salah satu candi yang terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Candi ini merupakan bagian dari kompleks Candi Penataran yang terdiri dari beberapa candi kecil. Dibangun pada abad ke-13, Candi Penataran merupakan peninggalan dari Kerajaan Singhasari yang berkuasa pada masa itu. Sejarah Candi Penataran sendiri menjadi daya tarik utamanya. Candi ini dibangun oleh Raja Kertanegara, raja dari Kerajaan Singhasari yang memerintah pada abad ke-13. Raja Kertanegara merupakan seorang penguasa yang pandai dalam seni dan arsitektur, dan Candi Penataran adalah salah satu karya monumental yang menggambarkan kehebatannya.

baca juga: Mitos Candi Borobudur Dan Memahami Legenda Di Balik Keajaiban Sejarah

Candi Penataran awalnya didedikasikan sebagai tempat persembahan dan upacara keagamaan bagi dewa-dewa Hindu. Candi ini diyakini sebagai tempat ibadah dan pemujaan yang penting bagi masyarakat pada masa itu. Candi Penataran juga berfungsi sebagai pusat keagamaan, pendidikan, dan administrasi Kerajaan Singhasari di sekitar Blitar.

Namun, setelah jatuhnya Kerajaan Singhasari pada tahun 1292 akibat serangan dari pasukan Mongol, Candi Penataran di blitar mengalami kemunduran. Candi ini terbengkalai dan mengalami kerusakan selama berabad-abad. Seiring waktu, perubahan zaman, dan bencana alam, Candi Penataran terkubur dalam reruntuhan dan semakin terlupakan.

Barulah pada tahun 1815, Candi Penataran mulai ditemukan kembali oleh arkeolog Belanda, yaitu Van Deventer. Proses pemugaran dan restorasi pun dilakukan untuk mengembalikan kejayaan Candi Penataran di blitar. Hingga saat ini, upaya pemeliharaan dan pelestarian terus dilakukan untuk menjaga keaslian dan keindahan candi ini.

Keunikan Candi Penataran

candi penataran merupakan peninggalan kerajaan apa? bagaimana corak relief candi penataran? candi penataran peninggalan agama apa? penasaran kan… nih aku kasih jawabannya

Kekayaan Corak Relief

candi penataran di blitar merupakan candi yang kaya dengan berbagai macam corak relief. Setiap dinding candi dipenuhi dengan seni ukir yang menggambarkan berbagai adegan kehidupan, mitologi, dan kegiatan keagamaan. Relief-relief ini menjadi saksi bisu perkembangan seni dan kehidupan masyarakat pada masa lalu.

Keterkaitan Sejarah

Keterkaitan Candi Penataran dengan sumber sejarah sangat erat. Melalui relief-reliefnya, candi ini menjadi bukti visual perkembangan kebudayaan dan keagamaan di masa lalu. Para sejarawan dapat menguraikan kisah-kisah yang terpahat dengan cermat, membuka jendela menuju zaman yang telah berlalu.

Peninggalan Agama

Candi Penataran adalah peninggalan agama Hindu. Sebagai tempat ibadah, candi ini mencerminkan pengaruh kuat agama Hindu pada masa lalu di wilayah tempatnya berdiri. Pemujaan terhadap berbagai dewa dan dewi tercermin dalam relief-relief yang menghiasi candi ini.

Bagian-Bagian dalam Bangunan Candi

Bangunan Candi Penataran di blitar terdiri dari beberapa bagian utama. Candi induk atau utama, disebut “Candi Parameswara,” menjadi pusat pemujaan. Di sekitarnya, terdapat perwara (candi pelengkap) yang menambah kemegahan kompleks. Pintu gerbang yang disebut “Candi Bentar” menjadi gerbang utama menuju kawasan candi. Seluruh struktur ini membentuk satu kesatuan harmonis dalam desain arsitektur candi.

Dengan corak relief yang mengesankan, keterkaitannya dengan sumber sejarah, warisan agama Hindu, dan kompleksitas struktur bangunannya, Candi Penataran tetap menjadi destinasi yang menarik bagi para pencinta sejarah dan penggemar seni purbakala.

Lokasi Candi Penataran

Lokasi Candi Penataran sangat strategis, berada sekitar 12 kilometer sebelah timur Kota Blitar. Candi ini terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Untuk memudahkan perjalanan, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi dari pusat Kota Blitar. Jika menggunakan transportasi umum, terdapat juga angkutan umum seperti bus atau travel yang melayani rute tersebut.

Ketika tiba di Candi Penataran Blitar, wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang memukau. Candi ini memiliki arsitektur yang megah dengan detail ukiran yang halus dan elegan. Bangunan utama candi terdiri dari beberapa tingkat dan memiliki atap bergaya Jawa kuno yang disebut “meru”. Selain itu, di sekitar candi terdapat juga berbagai bangunan pendukung seperti balai pertemuan dan kolam suci.

Untuk masuk ke Candi Penataran Blitar, wisatawan perlu membeli tiket masuk. Harga tiket masuk ini tergolong terjangkau dan dapat berbeda antara wisatawan lokal dan internasional. Dengan membeli tiket masuk, pengunjung membantu dalam pemeliharaan dan pelestarian Candi Penataran agar tetap terjaga dan bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

Setelah memasuki kompleks Candi Penataran Blitar, wisatawan dapat menjelajahi keindahan dan kekayaan sejarah yang ada di dalamnya. Ada papan informasi yang menjelaskan tentang sejarah candi dan informasi penting lainnya. Jangan ragu untuk menjadikan pemandu wisata lokal yang tersedia sebagai teman perjalanan Anda, mereka akan memberikan wawasan mendalam tentang candi ini.

Selain menikmati keindahan arsitektur, wisatawan juga dapat menikmati suasana sekitar candi yang asri. Area sekitar candi dikelilingi oleh pepohonan dan taman yang rindang, memberikan kesan tenang dan damai. Anda dapat berjalan-jalan santai, berfoto, atau duduk menikmati keindahan sekitar sambil menyerap energi positif dari lingkungan candi yang kuno ini.

Candi Penataran di Blitar adalah destinasi wisata yang cocok untuk mereka yang mencari pengalaman sejarah dan kebudayaan yang mendalam. Nikmati keajaiban arsitektur kuno, hirup sejuknya udara di sekitar candi, dan saksikan keindahan peninggalan Kerajaan Singhasari. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan Candi Penataran dalam daftar kunjungan Anda ketika berada di Blitar.

Photo by Farhan Abas on Unsplash

Categories:

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *