mitos candi borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang tak terbantahkan. Terletak di Jawa Tengah, Indonesia, candi ini telah menarik perhatian wisatawan dan pecinta sejarah dari seluruh penjuru dunia. Selain keindahan arsitekturnya yang menakjubkan, Candi ini juga dikelilingi oleh sejumlah mitos dan legenda yang memikat. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa mitos terkenal yang terkait dengan Candi Borobudur.

baca juga: Wisata Taman Sari Yogyakarta, Mistis Tapi Indah

Mitos yang Beredar di Candi Borobudur

pesona candi borobudur
mitos candi borobudur by IG @cruising_indonesia

kamu tau gak sih, ternyata di candi borobudur terdapat beragam mitor loh, apa aja? simak artikel ini

  1. Mitos Dewi Kwan Im: Salah satu mitos paling terkenal tentang Candi Borobudur adalah kisah tentang Dewi Kwan Im. Konon, Dewi Kwan Im sering muncul di sekitar candi pada malam hari. Beberapa pengunjung bahkan melaporkan melihat bayangan Dewi Kwan Im yang anggun berjalan di sekitar teras candi. Mitos ini menambah elemen mistis pada pengalaman mengunjungi Candi Borobudur.
  2. Mitos Terkubur: Ada juga mitos yang menyatakan bahwa Candi Borobudur pada awalnya terkubur oleh tanah dan terlupakan selama berabad-abad. Menurut cerita rakyat, candi ini ditemukan kembali secara kebetulan oleh seorang petani pada abad ke-19. Penemuan ulang ini menambahkan keajaiban pada keberadaan candi ini dan menggambarkan seolah-olah Borobudur telah “bangkit kembali” dari masa lalu.
  3. Mitos Penanggalan Raksasa: Mitos lain yang terkait dengan Candi Borobudur adalah tentang penanggalan raksasa. Konon, di dinding relief candi terdapat gambaran sosok raksasa yang sedang memegang sebuah kalender. Beberapa orang percaya bahwa gambar ini mengisyaratkan bahwa candi ini memiliki kekuatan magis dalam mengatur waktu dan memprediksi masa depan.
  4. Mitos Kekayaan Tersembunyi: Mitos yang tak kalah menarik adalah tentang kekayaan tersembunyi di dalam Candi Borobudur. Beberapa cerita menyebutkan bahwa terdapat ruang rahasia di dalam struktur candi yang berisi harta karun yang belum ditemukan. Beberapa pencari petualang bahkan telah mencoba untuk mencari kekayaan ini, namun hingga saat ini, keberadaannya masih menjadi misteri.
  5. Keajaiban Arsitektur: Candi Borobudur dikenal karena keajaiban arsitekturnya yang luar biasa. Mitos yang terkait adalah bahwa candi ini dibangun tanpa menggunakan bahan perekat atau semen. Menurut legenda, arsitekturnya begitu kuat sehingga candi ini mampu bertahan dari gempa bumi dan bencana alam lainnya. Meskipun demikian, para ahli percaya bahwa candi ini tetap memerlukan perawatan dan restorasi teratur untuk menjaga kelestariannya.

Selain mitos di candi borobudur, terdapat juga beragam pesonanya loh, apa aja pesona candi ini? ini dia jawabannya

Pesona Candi Borobudur

pesona candi borobudur
pesona candi borobudur by IG @gilardono23

Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan budaya dan sejarah, menyimpan permata bersejarah yang memukau di Pulau Jawa, yaitu Candi Borobudur. Candi ini adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang paling ikonik dan menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pelancong yang mengunjungi Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pesona Candi Borobudur yang memukau.

Sejarah yang Kaya

Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha terbesar di dunia dan juga salah satu peninggalan bersejarah yang paling penting di Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Syailendra yang berkuasa. Dalam sejarahnya, candi ini mengalami masa kejayaan, kemunduran, dan penemuan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada awal abad ke-19. Keberadaan dan keindahan Borobudur adalah saksi bisu dari keagungan peradaban masa lalu.

Arsitektur yang Luar Biasa

Candi Borobudur memiliki arsitektur yang sangat mengesankan. Candi ini terdiri dari sembilan tingkat yang terdiri dari tiga tingkat berbentuk persegi dan enam tingkat berbentuk melingkar, dengan stupa besar di puncaknya. Setiap dinding candi dihiasi oleh 2.672 panel relief yang menggambarkan kisah-kisah Buddha dan ajaran-ajaran agama Buddha. Arsitektur ini mencerminkan pengetahuan tinggi masyarakat pada masa itu dan menunjukkan kepiawaian seni dan rekayasa.

Keindahan Alam yang Mengelilingi

Candi Borobudur terletak di dataran rendah Jawa Tengah dan dikelilingi oleh hamparan sawah yang hijau. Ketika Anda mengunjungi candi ini, Anda akan dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler dengan gunung-gunung kecil di kejauhan. Terutama saat matahari terbit atau terbenam, keindahan alam ini menciptakan latar belakang yang sempurna untuk merasakan ketenangan dan spiritualitas candi.

Keagungan Spiritual

Meskipun Candi Borobudur adalah tempat wisata yang sangat populer, ia juga merupakan situs yang penting dalam praktik keagamaan Buddha. Banyak umat Buddha datang ke sini untuk bermeditasi dan merayakan festival-festival keagamaan. Hal ini memberikan tempat ini aura keagungan spiritual yang dapat dirasakan oleh pengunjung yang mencari kedamaian dan refleksi.

Wisata Budaya

Selain Candi Borobudur itu sendiri, daerah sekitarnya juga kaya akan budaya Jawa yang menarik. Anda dapat mengunjungi Candi Pawon dan Mendut yang terletak dekat dengan Borobudur. Selain itu, Anda dapat merasakan kehidupan desa Jawa dengan mengunjungi desa-desa sekitarnya dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Candi Borobudur adalah satu-satunya contoh candi Buddha terbesar yang masih utuh hingga saat ini. Keindahan, sejarah, dan makna spiritual yang melekat menjadikan candi ini salah satu tempat teristimewa di Indonesia. Jika Anda berencana mengunjungi Indonesia, jangan lewatkan pesona Candi Borobudur yang memukau ini, yang akan membawa Anda dalam perjalanan melintasi waktu dan ruang untuk merasakan kemegahan peradaban masa lalu.

baca juga: 10 Pantai Indah di Jawa Tengah

Mitos-mitos yang terkait dengan Candi Borobudur memberikan nuansa magis dan menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Meskipun kebenaran mitos-mitos tersebut mungkin sulit dipastikan, mereka memberikan daya tarik tersendiri bagi mereka yang tertarik dengan sejarah, arkeologi, dan misteri. Terlepas dari mitos dan legenda, Borobudur tetap menjadi salah satu warisan budaya yang paling penting di Indonesia dan tetap menarik perhatian dunia sebagai destinasi wisata yang menakjubkan.

Categories:

6 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *